Skip to main content

Pengalaman Sukses di youtube dan di Blogger

Ngebookmuslimah.. Artikel ini baru saya buat pertanggal 30 Juli 2020, baru banget masih hangat untuk diperbincangkan dikolom komentar hehee.. 

Mau tau? kenapa saya baru membuat artikel tentang pengalaman saya ini.. padahal saya sudah membuat atau membangun blog ini tahun 2016, 
Lama sekaliiiii hampir 4 tahun saya vakum didunia maya ini haha...Dan Alhamdulillah blog nya masih bisa dibuka. 

Selama 4 tahun vakum,  Blog saya ini kosong tanpa artikel sama sekali.. Tiba tiba gaes saya kepikiran untuk buka blog ini dan langsung login... Dan dikolom penghasilan, saya iseng klik lambang $ Penghasilan,  lalu saya kaget gaes. 

saya mendapatkan ID penayang dan tertulis dari Google  "sepertinya anda sudah memiliki akun adsense, untuk memulai menggunakan adsense, agar dapat memperoleh penghasilan iklan, hubungi blog anda ke Adsense"

Wow Masyaallah kemungkinan  saya sudah bisa pasang iklan untuk blog saya ini,  langsung saya kepikiran untuk membuat artikel sebanyak mungkin minimal 5 artikel Original murni dari pemikiran dan pengalaman saya pribadi.  

Mengenal dunia youtube dan dunia blogging berawal di tahun 2015, terinspirasi dari temen kantor yang sudah mendapatkan penghasilan dari Google adsense. 

Sebut saja nama teman kantor saya itu muslimah, pertama kalinya saya diajak untuk mengantarkannya ke bank BJB untuk mencairkan uang dari luar negeri, waktu itu saya taunya seperti itu,  teman dapat uang dari luar negeri. 

Setiap satu bulan sekali sekitar tanggal 25 akhir bulan,  temen saya meminta untuk dianterin ke bank disela-sela waktu jam kantor,  temen saya itu selalu mempersiapkan membawa materai 6000, KTP asli dan FC serta kode MTCN untuk lampiran dalam mengisi formulir. 

Setiap bulan pendapatan temen saya naik dari 1.300.000 terus naik 3.000.000 sampai pernah mencapai 5 juta, Wow luar biasa... 

Akhirnya saya tergiur gaes,  tertarik dan bertanya bagaimana mana caranya dapat uang setiap bulan itu,  temen saya itu agak pelit bagi ilmu,  apalagi bagi uang haha...bercanda yaa gaes. 

Jadi temen saya itu cuma bilang dapat gajian dari mbah google karena dia dan suaminya memiliki akun youtube, membuat channel dan membuat video lalu up load video, inti pokoknya yang dikasih tau itu aja,  padahal berharap bisa diajarin cara membuat nya.. Tapi ngarep.com,

Lakukanlah apa yang bisa kamu lakukan alhasil dengan bismillah saya belajar sendiri dan bertanya pada mbah google..mencari - cari informasi dari Google sambil belajar,  nyemplung sekalian artinya sambil belajar langsung praktek bikin akun dan channel Youtube. 

Modal utama menjadi youtuber atau Blogger cuma satu punya akses Internet,  tapi saya ga modal Internet karena dapat fasilitas dari kantor,  ops... Keceplosan hehee,  ini juga tips buat kalian yang masih kerja kantoran yang tiap harinya menghadap komputer atau laptop,  jangan sia -  sia kan waktu dan jangan sia sia fasilitas untuk terus belajar. 

Waktu itu saya bingung mana dulu yang harus saya buat untuk bisa mencapai ke Google adsense atau agar bisa cepat terhubung ke Google adsense,  setelah banyak belajar dan membaca, akhirnya saya putuskan untuk fokus membuat channel Youtube karena lebih gampang menurut saya,  dari pada membuat blog. 

dimulai dari mana sih, cara punya channel Youtube?,  buat pemula yang sedang belajar.. Pertama kamu harus punya nomer handphone yang aktif, lalu buatlah alamat email,  saran saya gunakan lah Gmail. 

Bagaimana cara membuat email Gmail, diartikel ini saya belum siap mengajari nya,  jadi tanya mbah google dulu yaa,  setelah sukses membuat alamat email,  buatlah akun youtube dan setelah itu buat channel Youtube. 

Cara membuat akun youtube dan channel Youtube semua bisa dipelajari dari mbah google ikuti cara dan langkah-langkahnya dengan benar,  insyaallah pasti bisa..semangat gaes. 

Taraaa akhirnya saya bisa membuat akun youtube,  channel Youtube setelah bisa membuat channel Youtube,  yang harus kamu lakukan adalah membuat video dan menguploadnya di channel kamu. 
Awalnya bingung mau bikin video apa,  akhirnya saya dapet ide untuk membuat video dari foto dokumentasi pribadi... Video Original karena youtube suka yang Original. 

Bagaimana cara membuat video?  bisa langsung live dari HP, atau bisa langsung dowload aplikasi movie maker.
Pertama kali saya membuat video dari lagu guruku tersayang, musiknya tidak ada hak cipta..ini juga tips gaes, carilah musik tanpa hak cipta dan lagu itu terus bisa dipakai sepanjang masa. 

Waktu itu saya hanya mengenal movie maker jadi kemampuan saya hanya mengedit hanya standar dan itu semua bisa dipelajari dengan tekun.. Dan tentunya Original, sekarang sudah banyak sekali aplikasi untuk membuat video dan banyak aplikasi video yang gratis. 

Minimal buatlah video Original sebanyak 3-5 video untuk mudah dimonetisasi youtube dan diterima Google adsense, kemudian setelah berhasil dimonetisasi,  hubungkan channel Youtube kamu ke Google adsense, sebelum menghubungkan kamu harus daftar atau sign in di akun Google adsense. 

seinget saya dulu daftar diakun Google adsense saya mendapatkan soal pertanyaan sebanyak 50 pertanyaan dan saya isi sampai seharian jam kerja, waktu itu pertanyaan nya pakai bahasa Inggris,  huhuhu... Akhirnya pakai akal buat jawab itu semua,  saya buat tabel baru dan liat kamus online hehe... jadi lumayan lama banget,  apakah temen Blogger ada yang ngalamin sama seperti saya??  Mendapatkan banyak pertanyaan?? 

Alhamdulillah saya berhasil menghubungkan channel Youtube saya ke Google adsense,  perkembangan channel saya terus Naik dan akhirnya saya mendapatkan PIN dari Google adsense, senang sekali karena PIN saya datang dengan mudah,  surat PIN dari negara Singapura transit dikantor pos negara Malaysia dan langsung ke negara tercinta Indonesia - sampai lah ke jakarta. 

Waktu itu terasa mulus perjalanan dunia maya saya hehee sampai sudah mendapatkan saldo 200.000 tapi belum bisa diambil karena ada batas minimum pembayaran,  jadi sebelum mencapai saldo 1.300.000 saya belum bisa terima uang yang 200 ribu itu.  

Perjalanan mulus tiba-tiba channel Youtube saya dinonaktifkan,  stress gaes...dan alhamdulillah nya walaupun akun youtube saya dinonaktifkan tetapi tidak berpengaruh dengan akun Google adsense saya, jadi saldo 200rb msh tetap ada gaes sampai sekarang. 

Merasa belum beruntung menjadi youtuber di youtube,  saya beralih ke blogging menjadi seorang Blogger, belajar dan belajar untuk membangun sebuah blog,  tata letak dan rumus rumus bagan,  saya bukan ahli nya tapi semangat terus belajar walaupun mumet juga mikirin artikel apa yang harus dipublikasikan dan syarat membangun blog harus banyak artikel dan usia blog harus sudah 6 bulan keatas. Pusing gaes... Tidak akan pusing kalo tujuannya hobi dan mengasah otak harus pusing yaa gaes. 

Karena ada kesibukan lain pada 4 tahun lalu saya lepaskan semua kepusingan menjadi youtuber dan menjadi seorang Blogger,  ikhlaskan semua jerih payah dan menenangkan hati dengan penghibur uang 200 rb yang tetap masih ada di saldo Google adsense. 

punya akun youtube februari 2016 baru beberapa bulan dinonaktifkan selama 1 tahun, jadi tahun 2017 akun channel youtube saya aktif lagi namun semua video sudah tidak di monetisasi dan video tetap berjalan tanpa ada iklan... Bebaslah penonton melihat youtube tanpa iklan hahha...dan ternyata itu memudahkan kita untuk di subcribe penonton. 

Selama itu pula,  saya tidak pernah lagi up load video jadi saya mengandalkan video yang ada saja dan subcriber nambah terus di penghujung awal tahun 2020 hampir 1000 subcriber,  

taraaa saya semangat lagi masukin video namun kali ini saya tenangin hati,  tidak tergesa gesa,  jangan lupa berdoa kepada Allah yang Maha memberi rezeki 

dipertengahan tahun yaitu bulan juni 2020 lama yaa gaes saya mendapatkan 1000 subcribe dan sekarang sudah 1500 subcriber,  bahagia namun ternyata perjuangan belum berakhir,  youtube punya peraturan baru untuk bisa dimonetisasi video kita yaitu syarat pertama harus punya 1000 subcriber dan syarat kedua harus 4000/jam tayang.

Subhanallah sedih gaes dan alhamdulillah setidaknya saya sudah melewati tahap syarat pertama,  untuk 4000/jam tayang,  saya pasrah ke Allah yang maha memberi rezeki,  dan saya ikhtiar up load video lagi berharap 4000/jam tayang bisa tercapai, dalam 2 bulan ini sudah mencapai 3000/jam tayang. 

jadi saat ini Google adsense saya terhubung dengan 2 akun yaitu akun youtube channel fatimah ipat dan blog saya ini ngebookmuslimah.blogspot.com 

ini pengalaman saya,  mana pengalaman kamu!!! 

semoga bermanfaat buat yang membaca dan kita saling mendapatkan keberkahan ditempat ini hehhe... Doakan yaa gaes,  agar cita-cita saya tercapai.. 

Alhamdulillah ala kulli hal 

saya Fatimah ipat 

Sekian dari saya

Wassalamu'alaikum Wr wb 







Comments

Unknown said…
Thank bermanfaat, enak di baca

Popular posts from this blog

Kunci Jawaban Latihan soal bahasa sunda kelas 4

#Belajardirumah #belajarbahasasunda           Depok Kota Belimbing   a. Wacana Kota Depok resmi ngadeg dina tanggal 27 April 1999 ngabogaan 11 Kecamatan 63 kelurahan. kecap Depok asalna Tina basa sunda anu hartina "patapaan" atawa tempat tapa.  kiwari Kota Depok ngabogaan ciri khas, ciri khas nu dipiwanda kota Depok nyaeta "Depok Kota Belimbing"  Belimbing nu aya di kota Depok warnana koneng kaemasan katelahna Belimbing Dewa.  Buah Belimbing Dewa nu aya di kota Depok leuwih unggul dibandingkeun Belimbing didaerah lain. Rasana amis ngandung vitamin A jeung C bisa dipake obat herbal pikeun panyakit darah tinggi, kencing manis jeung nyeri lambung.  Latihan Soal 1. Iraha Kota Depok ngadegna?  2. Aya sabaraha kecamatan di kota        Depok?  3. Aya sabaraha kelurahan di kota Depok?  4. Naon Julukan Kota Depok teh?  5. Naon ketelahna Belimbing nu aya Didepok?  Jawaban Latihan soal 1. dina tanggal 27 April 1999  2. 11 Kecamatan  3. 63 kelurahan  4. Depok Kota Belimbing  5.

Terjemahan dan keutamaan kitab Perhiasan bagus pasal 1 - 18

KITAB PERHIASAN BAGUS LENGKAP DARI PASAL YANG PERTAMA DAN TERAKHIR YAITU PASAL YANG KE 1 SAMPAI PASAL YANG KE 18  Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Selamat datang, sebelumnya saya ucapkan terimakasih, semoga apa yang kita pelajari pada  " KITAB PERHIASAN BAGUS " mendapatkan ridho Allah SWT. Sebelum mempelajari dan mengamalkannya,  kita terlebih  dahulu harus mengenal, pengarang kitab Perhiasan Bagus.  Kitab ini di buat oleh  Sayyid Utsman bin Abdullah bin Aqil bin Yahya ( wafat. 1913 M ) Foto Sayyid Utsman bin Abdullah bin Aqil bin Yahya Adapun sanad kitab perhiasan bagus untuk anak perempuan dan seluruh kitab karya Sayyid Utsman, Al faqir meriwayatkan dengan ijazah dari Syaikh Hisyam Bahriyyah Mesir dan musnid Al-Ashri syaik Muhammad Yasin bin Isa al fadani dari habib Ali bin Abdurrahman Al Habsyi ( habib Ali Kwitang ) dari muallifnya sayyidina Al habib Utsman bin Aqil bin Yahya Al batawi.  di blog ini, saya masukkan video cara membaca kitab Perhiasan Bagus d

DIBAWAH BENDERA REVOLUSI

Buku dibawah Bendera Revolusi berisi pemikiran dan pidato sang proklamator, Presiden Pertama kita yaitu bapak, Ir. Soekarno, buku yang merupakan edisi pertama cetakan tahun 1964 ini, menghimpun tulisan-tulisan Bung Karno dalam masa Revolusi menuju Indonesia Merdeka !! Buku ini sangat langka dan harganya cukup mahal di pasaran, selain karena peminatnya waktu itu sangat banyak, dan karena ketebalan buku ini juga,  mungkin penyebab harga mahal dan menjadi fenomenal pada jaman nya,  dan karena saya memiliki buku ini ( dibawah bendera revolusi DJILID PERTAMA TJETAKAN KETIGA dan buku ini hampir usang, jadi saya abadikan di blog saya ini, ngebookmuslimah Semoga bermanfaat buat kalian yang ingin mengetahui pemikiran-pemikiran Soekarno muda sang proklamator, di dalam buku ini berisi 61 Judul, yaitu : 1. Nasionalisme, Islamisme dan Marxisme...  2. Dimanakah Tindjumu?  3. Naar het bruine front!  4. Sampai Ketemu lagi!  5. Dubbele les?  6. Djerit-kegemparan 7. Berhubung dengan tulisannja Ir.A.Baa